Apa Cita-Cita Terdekat Kamu ?

Berbekal membaca blog salah satu alumni farmasi yang sekarang sedang asik-asiknya merawat dedek bayinya ( halo kak Wina! how are you?!) saya pun berpikiran iseng meng-sms satu per satu orang dan mem-bbm satu persatu orang dengan bertanya :

“Apa cita-cita terdekat kamu?”

Wah ternyata responnya sungguh beragam ! seketika HP saya dibanjiri sms dan bbm. pagi selalu menyimpan secercah harapan!

Respon yang begitu bervariasi mulai dari yang serius, yang OK banget cita-citanya, yang menyedihkan karena bingung, yang tak mengerti maksud saya, yang bingung kenapa saya bertanya itu jadi mesti dijelasin dulu, yang menggebu-gebu langsung membalas dengan setumpuk cita-cita terdekatnya, sampai yang ngaco. Ya begitulah manusia, sungguh beragam. Ada juga yang tidak menjawab, berpikir mugkin saya sangat random dan weird mungkin ya? atau biarlah cita-cita ku menjadi cita-citaku aja, atau itu bukan hal penting yang perlu dijawab? hehe. No problemo! (suudzon deh loh. serius. no problemo!)

AWESOME!

anak-anak TPB, 2010 dan yang sedang pusing UTS (tampaknya) kebanyakan menjawab ingin IP4, ingin matkul ini lulus, pengen berhasil akademik, dll sejenis target akademik bahkan hingga ingin cepet dilantik jadi anggota himpunan. Aminn, bisa pasti bisa, mari jalani dengan tulus :)

Beberapa teman yang saya tanyakan menjawab dengan lantang (tampaknya) cita-cita terdekat mereka, memajukan bangsa, menciptakan lapangan kerja, mengerjakan amanah sebaik-baiknya, dll dll sejenis kepentingan orang banyak. amin.. saya selalu salut dengan orang-orang yang berpikir kritis dan people oriented, itu artinya otak kanannya sungguh digunakan

Beberapa temen seperjuangan saya (seangkatan.red) kebanyakan menjawab ingin dapet kerja diperusahaan ini, itu, hingga target yang banyak sudah ingin (baca : kebelet) nikah. Aminn.. asal halal Tuhan pun merestui temans :)

Ada juga cita-cita diluar kategori diatas yang patut diacungi jempol juga.

mengapa saya serandom itu nanya sih?

Ah saya cuma suka membuat sensasi saja.. oh tentu tidak!

Sebenernya ada buah manis di balik keisengan tersebut

1. Bayangkan saat kamu membaca cita-cita temen-temen kamu atau keluarga kamu.. walau tak terucap dengan mulut,ikut di-amin-in. Itu berarti rencana pencapaian terdekat mereka akan semakin dekat.

2. Kamu bisa menjadi reminder untuk mereka atas mimpi2 mereka. misal pengen S 2 ke Aussie taun depan. oke, berarti taun depan saatnya kamu bertanya apa kabar Aussie? waw. so great sekali mimpi-mimpi keluarga dan teman-teman. Really proud!

3. Bagi yang sedang letih lemah lesu, saat membaca “apa cita-cita kamu terdekat” mungkin menjadi berpikir ulang, menjadi semangat kembali! yihaa! who knows?

4. Sekalian silaturahmi! wah jadi tadinya ga pernah ngobrol, ga pernah smsan, jarang nanyain kabar, gara-gara pertanyaan pembuka ini malah merembet ke kabar-kabaran, cerita-cerita, bahkan sesuatu cerita yang “waw dia nyeritain ini ke gue? “padahal kita jarang banget ngobrol. terima kasih telah mempercayai saya :)

5. Last but not least bisa jadi motivasi eksternal ! membaca cita-cita orang membuat kamu bersemangat kembali. Bahwa cita kita sebenernya banyak yang sama. Tinggal mencari yang sama itu dan menyusun puzzle bersama. challenge accepted!

Apapun cita-citanya, apapun mimpinya yang penting DUIT : doa. usaha. ikhtiar. tawakal. Insya Allah we will find the way. May Allah bless you all :) (ala Maher Zein)

setidaknya saya percaya bahwa tiap manusia punya cita-cita, tak terkecuali adek-adek itu (ya itu yang lagi jual bunga dijalan dago, atau yang disitu, ya yang itu yang lagi mencari kayu dihutan). Anak-anak di pedalaman pun, di pelosok pun pasti punya cita-cita. Setidaknya itu penguat kita, bukan begitu? :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s