A Productive Holiday. How’s Yours ?

To many people holidays are not voyages of discovery, but a ritual of reassurance.
— Philip Andrew Adams

Liburan setelah berjuang dengan kehidupan perkuliahan merupakan momen yang selalu di tunggu oleh mahasiswa, tak terkecuali mahasiswa ITB. Tak memungkiri bila kehidupan perkuliahan, organisasi kampus, dan lainnya, memiliki titik jenuh yang dirasakan oleh mahasiswa dan tentunya membutuhkan suatu momen untuk mengisi penuh bensin semangat lagi. Mengutip kata dari Stephen Covey “Sharpen the Saw”, yap ! salah satu ranah mengasah gergaji adalah liburan atau waktu luang sehari-hari dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang disenangi.

liburan merupakan kesempatan yang baik untuk mencari inspirasi baru, misal dengan berpergian ke lingkungan yang baru, kita menempatkan diri dalam situasi yang baru dan memungkinkan otak kita untuk berpikir secara berbeda dan kreatif.

Jauh sebelum liburan, beberapa dari kita pastinya telah bergalau ria menyusun rencana liburan, bolehlah kita beri istilah sindrom sebelum liburan. Tergantung motivasi apa yang dimiliki saat sindrom liburan ini terjadi, apakah motivasi ingin buru-buru menyelesaikan ujian atau pekerjaan, sehingga terselesaikan kurang baik atau malah sebaliknya, melakukan sebaik-baiknya hingga rela mengorbankan waktu banyak untuk mendapatkan hasil sangat baik, sebelum mendapatkan reward bernama liburan. Setiap mahasiswa tentunya memiliki cara sendiri bagaimana mengisi liburannya, ada yang memanfaatkannya untuk berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga atau teman lama, menjelajah suatu tempat dengan rekan-rekan kuliah, istirahat penuh dengan tidur-makan-nonton-tidur-makan-nonton (siapa tau?  :D), atau ada yang tidak punya budget lebih untuk bepergian sehingga memilih tetap di Bandung. Kampus pun sepi saat liburan, tapi bukan berarti aktivitas kemahasiswaan mati suri, beberapa mahasiswa masih aktif melakukan kegiatan organisasi kemahasiswaan atau menyiapkan suatu acara di kampus gajah ini.

Tidak ada yang salah memanfaatkan liburan dengan cara masing-masing dan berbeda satu sama lain, seperti pulang ke kampung halaman  jelajah alam dan tempat baru, atau tetap dikampus, atau hanya stay di bandung. Poin disini adalah bagaimana memberikan added value di liburan mu, bagaimana di liburan ini dimanapun dan rencana bagaimanpun kamu tidak hanya mendapatkan inspirasi tapi juga memberikan inspirasi. Momen liburan juga hendaknya produktif, misal yang stay dibandung, bisa ikut komunitas peduli lingkungan, atau berpartisipasi di rumbel-rumbel anjal yang sudah ada. Yang pulang misalnya, selain bersilaturahmi dengan keluarga, coba memberikan inspirasi lebih untuk lingkungan sekitarmu. Temukan permasalahan yang ada di lingkungan sekitar dengan solusi yang bisa kamu lakukan selama liburan. Sebagai contoh permasalahan sampah di lingkungan sekitarmu, bisa kita gerakkan karang taruna yang mungkin vakum didaerahmu untuk belajar bersama mendaur ulang sampah, sesuai kemampuan yang kamu bisa. Bisa jadi juga kamu memberikan inspirasi di kampungmu melalui kunjungan ke sekolah-sekolah, selain mendapatkan inspirasi dari tempat-tempat atau sekolah yang dikunjungi, juga dapat memberikan semangat dan inspirasi baru untuk adek-adek disana. Salah satu keinginan warga desa adalah mereka ingin pemuda-pemuda desa bisa mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi, namun kendalanya kurangnya pengetahuan akan akses kependidikan lebih tinggi ini, motivasi untuk melanjutkan dan  pendidikan, hingga kendala biaya. Disini bisa menjadi ranah yang baik bagi teman-teman untuk berbagi walau itu hanya memberikan informasi mengenai jurusan yang ada di ITB, sharing mimpi, memotivasi untuk tidak takut masuk ITB, informasi beasiswa yang kian banyak atau menceritakan kehidupan perkuliahan. Yang pulang kampung juga bisa coba berkunjung ke universitas-universitas daerah, saling bertukar cerita kegiatan kemahasiswaan masing-masing kampus sambil kita menghayati budaya dan potensi yang ada di daerah kita. siapa tahu smakin banyak mitra antar sesama mahasiswa untuk sebuah perubahan.

Sekali lagi, Bahwa disini poinnya adalah bagaimana memberikan banyak manfaat  bagi banyak orang, apalagi mahasiswa ITB itu kreatif dan pintar memanfaatkan peluang untuk berkontribusi besar bagi lingkungan sekitarnya. Bahkan penyanyi Kylie Minogue pun pernah memberikan suatu pernyataan : “ i have had a holiday, and i’d like to take it up professionally”. Liburan ITB itu 34 hari berarti 816 jam. Berapa jam yang kamu habiskan untuk memberikan inspiasi dan menebarkan virus asik berbagi dengan lingkungan sekitar ? atau sekedar hanya di habiskan untuk leyeh-leyeh, lalu menyesal kemudian karena berat badan meningkat :D.

Dengan Liburan yang produktif bisa mengisi kembali semangat dan membuat performa kita menjadi lebih baik untuk kembali ke dunia perkuliahan. Dengan tingkat kegembiraan yang lebih tinggi serta pikiran dan hati yang lebih segar dibandingkan dengan liburan yang biasa-biasa saja, maka seseorang akan lebih siap untuk kembali beraktivitas rutin :).

Siapa bilang liburan hanya senang-senang semata untuk kesenangan pribadi?
Siapa bilang liburan hanya menghabiskan dana?
Siapa bilang liburan tidak produktif?
Kita bisa merubah pandangan dengan berbagai kegiatan :
#ASIKNYABERBAGI SELAMA LIBURAN

“bukan sekedar liburan biasa!”

nb : sebenarnya ini note to self. jadi kepulangan saya selama 14 hari tentunya membuat saya berpikir keras apa yang bs saya lakukan selain berkumpul dengan keluarga walaupun ini juga akan menjadi agenda penting setiap kali pulang. maka, saya bersama teman-teman akan menjelajah sumsel yeay! and me self wanna have an inspiration and motivation from a-traditional-business-sarong-called-blongsong-sumsel-exclusive-fabric. wanna know? lets find on the next post. keep writing ya !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s