Auntie Agustina

Assalamualaikum..

hari itu mungkin adalah hari cukup berat bagi saya. a monthly period called dysmenorrhea, yang membuat benar-benar menor setiap bulannya. tapi itu wajar. kala seorang wanita merasakan hal tersebut setiap bulannya. dan berbeda-beda pula setiap wanita apa yang dirasakannya. ada yang dimainkan emosinya (marah-marah, sensi.red) atau sakit visceral yang tak tau letaknya dimana. seperti saya, saya merasakan badan yang demam, mual, kram perut hingga kaki, lebay? tidak. itu wajar banget. ketidakseimbangan hormon itu efeknya luas. coba buka kembali buku anatomi dan fisiologi manusia. jadi saya terima. disyukuri.

a-monthly-period ini puncaknya adalah hari itu. betapa perut saya kram. tapi ada beberapa kewajiban yang harus saya penuhi terlebih dahulu. ada amanah yang bersamaan dan saya bukanlah amoeba yang bisa membelah diri maka saya harus memilih. ternyata pilihan saya tidak disukai beberapa orang. maka saya ditegur. tapi entah mengapa teguran di hari itu membuat saya murung sepulang melaksanakan kewajiban, ada perasaan ingin dimengerti tapi ada perasaan sangat merasa bersalah. lalu, teringatlah saya dengan seorang tante, sudah seperti ibu saya. namanya tante Agustina. saya menyapanya melalui sms. sudah lama sekali saya tak bersilaturahmi dengan beliau, padahal rumahnya di belakang kosan saya. tak lama kemudian balasannya diterima, entah mengapa saya merasa jauh lebih tenang dan bisa memaafkan entah itu diri saya atau orang lain di hari itu.

kita selalu jalan bersamaNya bila kita selalu berpikir untuk sesama

saya ingin sedikit bercerita tentang tante Agustina, sosok wanita tegar yang saya kenal saat bulan agustus kalo ga salah. di kortim salman, untuk membicarakan kerjasama skhole dengan riksa. tapi akhirnya komunitas saya bersama beberapa teman farmasi dan TN (KCAI) yang dapat ikut bergabung di riksa, kami mengajar anak kelas 3-4-5 SD di rumah belajar riksa ini, mengajar IPA-mat-dan bahasa inggris. semenjak kerjasama itulah saya sering berkomunikasi dengan tante ini, mulai dari melihat dan menilai psikologi saya (istilahnya buka kartu.red) dan curhat-curhat bisnis. tante Agustina ini bukanlah orang yang sangat berkecukupan, menurut saya beliau itu pandai bersyukur sehingga selalu merasa cukup terhadap apa yang diberikan. tante sangat semangat, tante selalu bilang ke saya kalo saya harus semangat terutama untuk berkontribusi dan bermanfaat bagi orang lain.

“setiap orang itu punya sisi dan jiwa sosial, tapi hanya orang-orang tertentu yang diberi petunjuk untuk mengembangkannya”

Tante begitu senang bermitra dengan ibu-ibu kampung 200 cisitu, mereka sedang menekuni bisnis, bisnis rajutan, bisnis burger, catering,  dan diselingin konsultasi agama, pengajian dll. saya bisa kategorikan ini dengan building community capacity dan bisnis ini saya asumsikan sebagai bisnis sosial. sumbangsih tante ini tak lain tak bukan hanya untuk mengembangkan dan memberdayakan the cisitu’s women power. kalo boleh saya mengacungkan 4 jempol saya saat ini. tante begitu optimis dan menularkan optimis ini kepada para ibu lainnya. perlahan tapi pasti ! saya iri dengan tante. serius ! saya suka iri dan iri ini produktif, iri karena kebaikan. smoga selalu ada iri seperti ini. seperti semua orang berlomba-lomba dalam kebaikan. semoga niatnya hanyalah untuk mendapat Ridho Allah. amin

terimakasih tante selalu menjadi tempat ‘sampah’ saya dan pesan-pesan serta sumbangsih tante selalu menjadi motivasi saya untuk menjadi sangat lebih baik lagi. karena sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi sesamanya.

yakinlah kalau smua yg kita lakukan baik ide maupun tindakan merupakan sesuatu yg bermanfaat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s