Pengajian dan Talkshow Inspiratif I SBBH

Assalamu’alaykum..

“it is the beginning of  building community capacity and i enjoy it. really enjoy it.”

SEKOLAH BERMAIN BALON HIJAU, jangan kira kami hanya bermain, tapi sebenarnya kami belajar

yeay ! hari ini, sabtu, 11 Februari 2012 di tempat biasa kami bersekolah, Masjid Istiqlal, Jalan Tubagus Ismail VIII no. 10 Bandung, akhirnya diadakan program buat orang tua-orang tua siswa dan guru-guru SBBH yang sholeh/sholehah. selain program rutin bermain sambil belajar, program yang coba disusun dan coba di konsistenin yaitu kunjungan orang tua-siswa dan program bulanan bersama orang tua (pengajian dan upgrading bersama). sebenernya ini memang program yang harus terintegrasi u/ membuat PAUD yang sinergis antara murid-guru-dan orang tua menurut kemendiknas.

kunjungan orang tua bertujuan untuk mendekatkan secara kultural antara guru dan orang tua serta murid di luar kegiatan rutin bermain sambil belajar. Perilaku anak di sekolah tentunya dipengaruhi lingkungan di luar sekolah (baik itu dirumah atau ditempat lain). Sehingga, saat kunjungan orang tua, ibu guru bisa mengidentifikasi keluarga yang dikunjungi, mengetahui cerita pengalaman orang tua dalam perawatan, pengasuhan dan pendidikan anak dan sebagai sarana inputan untuk sekolah (SBBH.red) kedepan.

selain kunjungan orang tua, program lain yang dibuat yaitu forum komunikasi keluarga SBBH berupa pertemuan setiap bulan tepatnya minggu kedua. kegiatan yang dilakukan berupa pengajian dan nambah ilmu (nah nambah ilmu kan bisa bentuknya macem-macem, bisa talkshow, sharing, konsultasi ttg anak dengan praktisi, kunjungan ke tempat-tempat yang inspiratif, dll). untuk pertemuan pertama ini yaitu bulan Februari (yes akhirnya bisa terlaksana)  mengundang Teh Iin (pemilik Moz5 Tubis dan Galenia) untuk memberikan talkshow inspiratif dan sharing bersama ibu-ibu serta guru2 tentang 2 materi :

1. menggali potensi anak saat usia emas

2. membangun team work yang solid antara elemen-elemen SBBH

sharing ini pastinya mmberikan banyak ilmu yang bermanfaat,, membuka pikiran dan memotivasi kembali bagi ortu dan guru SBBH itu sendiri untuk memberikan yang terbaik bagi anak-anak sehingga tercipta generasi yang membuat Indonesia yang lebih maju (duile).

mau tau apa saja yang di-sharing-kan?

oiya jadi harusnya tadi ibu-ibu guru juga memperhatikan sharing ini, karena menurut saya yang malah banyak belajar ibu gurunya (hahaha. secara.. mayoritas belum nikah dan punya anak jadi perlu banyak ilmu u/ mempersiapkan diri nantinya jadi ortu. hehehe. tapi karena beberapa ibu membawa anak, jadi anaknya harus diawasi ibu guru).

mengulang materi yang tadi diberikan yaa. materi pertama adalah menggali potensi anak saat usia emas. teh iin menjelaskan bagaimana otak berkembang 50% saat usia 0-2 tahun dan dilanjutkan perkembangannya pada usia 5-7 tahun sehingga apapun pelajaran pasti sangat cepat terserap oleh karena itulah, kita yang harus belajar dan hatihati dalam membentuk otak yang akan berpengaruh pada sikap perilaku anak nantinya. kemudian teh iin juga menjelaskan kepada ibu-ibu tentang 8 kecerdasan majemuk dan dilanjutkan sharing apakah orang tua telah memperhatikan anak dan mengetahui potensi anaknya.

nah materi kedua mengenai bagaimana kerjasama yang solid antara elemen-elemen sekolah (orang tua-anak dan guru). materi ini dirasa cukup penting untuk keberlangsungan kegiatan bermain sambil belajar kedepannya karena teh iin di materi ini menjelaskan kepada kita semua (ortu dan guru) peran masing-masing dalam perkembangan anak. guru hanyalah membantu anak untuk berkembang, namun tetap yang mengerti dan memahami anak adalah ortunya sendiri. tapi di saat sekolah inilah kesempatan orang tua untuk melepas anak dan mengajarkan kemandirian, sedikit demi sedikit namun pasti akan membuat anak bisa berdikari saat dewasa. apa yang didapat saat sekolah hendaknya didukung oleh orang tua dengan mengulangnya di rumah. di rumah pun pengasuhan anak oleh ibu dan ayah pasti berbeda, nah bagaimana membuat perbedaan tersebut menjadi sebuah kekompakan dengan tidak terlalu membuat anak manja (sesi diskusi ini benar-benar membuat saya cekikan trus bu reyvan tertawa, “mari kita doakan bu yangie untuk nikah tahun ini”. semuanya tertawa =_=. tp gue amin-in. hehe)

di akhir talkshow bulan ini, teh iin mengajak ibu-ibu dan guru merefleksikan pengasuhan dan pendidikan yang telah dilakukan hingga saat ini apakah telah memberikan yang terbaik atau belum dan hal ini smoga menjadi motivasi yang tertanam pada ortu2 dan guru2 untuk terus melakukan yang terbaik sebelum menyesal. mari kita buka lembar baru !

kedepannya semoga program ini selalu dilaksanakan. pesan dari yang punya masjid, kegiatan perbulan ini bisa mengajak warga sekitar sana juga dan diharapkan rutin dilakukan walau hanya skala kecil (pahala istiqomah itu besar lho. hoho) dengan topik upgrading yang bervariasi dan flexible.

jadi anak itu apa ?

ibunya quinn : anak itu harapan

ibunya reyvan : anugrah

ibunya helmi : ujian dan cobaan

ibunya toriq : titipan

teh iin : guru

dan hari ini wow sekali. smoga ibu-ibunya senang. amin

dan kita semua mendapat ilmu yang selalu bermanfaat. amin

dan kita selalu dilindungi dan diridhoi setiap jalannya. amin

One thought on “Pengajian dan Talkshow Inspiratif I SBBH

  1. setuju banget, anak kecil itu guru! diinepin ponakan 2 malem aja lsg bljr byk hal. mereka sgt dekat dgn fitrah, we have so much to learn from them 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s