Beach and One Scoop of Ice Cream

Sabados, 22 Junho 2013, Figuera da Foz-Atlantic Ocean

“I want to go to the beach, Teresa. This weekend, sabados (sabtu). How about Algarve ?”, Tanya ku disela waktu menunggu pasien datang.

“So far from here, Yangie !”, Costa menimpali percakapan kami.

“You can go to Figuera da Foz ! just 45 minutes ! ya you can go there.”

“Really? tell me how to go !”

Costa, Catya dan Teresa akhirnya mencatat semua hal tentang rencana perjalananku di sabtu ini. Jadwal bus dari dorm ku, jadwal kereta, peta dari stasiun hingga pantai, dll

“Have a nice weekend Yangie, we hope you enjoy !” ucap mereka disaat kami beranjak pulang kerja di hari Jumat.

“I wish ;), obrigada (thanks).”

Sabtu datang, tak usah ditunggu. Jikalau umur kita sampai, waktu pasti datang, tak usah minta dipercepat atau di perlambat. Setiap waktu bisa kita gunakan sebaik-baiknya. Dan sabtu kali ini aku rasakan penciptaannya bernama pantai, pasir, langit, samudera, dan matahari, di Figuera da Foz, sebuah wilayah bagian tengah Portugal yang berada pada bagian tepi daratan negara ini, maka dari itu kita bisa melihat laut dari sini.

Ketika sampai di stasiun, aku hanya mengikuti langkah kaki orang-orang yang juga aku curigai akan kepantai juga. Ketika sampai, yang pertama aku lihat hamparan pasir pantai yang luas, luas sekali. Aku berjalan makin mendekat, terus mendekat, hingga kaki ini akhirnya merasakan dinginnya air samudera Atlantik. alhamdulilah.

Image
First Scenery 🙂

Oh aku mencintai pantai, mungkin ada hubungannya aku terlahir di Februari yang berzodiak pisces atau mungkin karena aku habiskan masa berumur hingga 3 tahun di pulau Bangka, buka pintu langsung pantai. Aku suka mendengar kicauan burung-burung yang mengitari laut, desiran ombak, langit dan laut yang biru. Damai.

Dont forget to walk until the end Yangie ! when there is just few people there, youll be relax !, kata-kata teresa ini terekam di benakku. Aku pun mengikuti sarannya. Aku akan berjalan hingga ujung!

Selama berjalan, hampir setiap orang menatapku aneh, karena aku satu-satunya orang yang menggunakan sweater, rok panjang, dan jilbab, ketika semua orang sedang asyik bersama bikini edisi terbaru. Mungkin mereka sebenarnya ingin berteriak aku gila, tidak normal, mengasiani aku yang tak bisa merasakan berjemur dibawah sinar matahari. Haha. Aku cuma bisa tertawa dalam hati. Rasanya aku juga ingin berkata, gilaan mana? aku yang tertutup semua gini atau kamu yang berbusana hampir telanjang? orang gila juga tahu jawabannya! iya bukan? bukankah orang kurang waras tak sadar jika tak berpakaian?. Kalau aku punya anak, aku tak mau mengajaknya liburan ke pantai di Eropa. Banyak pemandangan porno. Kasian anakku. Aku, insyaAllah bisa mengajarkannya pelan-pelan.

Semakin dekat dengan ujung semakin sedikit orang yang menikmati awal musim summer di daerah ini. Sampai akhirnya aku berada tepat diujung. clarity… peace… and serenity! 3 kata itu tampaknya cukup mewakili situasi dan perasaan ini.

Aku jadi teringat kata-kata seorang wanita paruh baya yang baru aku kenal di Darut Tauhid 2 tahun silam. Waktu itu aku pernah mengeluarkan sebuah pernyataan, “aku merasa banyak dosa, dan aku takut tidak diampuni Allah”.

Lalu beliau menjawab sambil memegang punggung tangan saya, “Kamu tau pulau? ada batasnya. Lalu kamu liat lautan, samudera? ga ada batasnya saat kamu memandangnya, ya kan?. Pulau, itu seperti dosa kamu, dan lautan, samudera itu adalah luasnya ampunan Allah”. Akupun hanya terdiam bisu dan mataku mulai berkaca-kaca

Kali ini, di Figuera da Foz, aku membuktikan kata-kata wanita itu.

ah Allah. aku tak sanggup berkata-kata lagi.

Image

Camera 360

“Life is a compared to a voyage, and a voyage actually is should to make you come closer to Allah. Bon voyage :)”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s