My Journey Undercover

Fri, June 28th 2013, In flight Lisbon-Amsterdam

Saya mau monolog sama anak saya, terserah deh pembaca mau bilang ngayal, atau apalah, dan walaupun sama Allah belum ditiupkan ruh karena belum jelas siapa laki saya, tapi saya mau menuliskan ini untuk nanti anak saya baca. Tentang kebodohan-kebodohan emaknya, called it My Journey Undercover.

Selain pengalaman baik tentang passion saya di dunia farmasi dan kehidupan sehari-hari saya bersama penduduk di negara yang letaknya sedikit di bawah permukaan laut tapi masih selamat, dan negara paling ujung kiri peta benua Eropa, ada juga pengalaman yang tak patut diulangi, diinget-inget akan membuat saya senyum-senyum sendiri sambil geleng-geleng kepala ga jelas, atau membuat saya menghela nafas panjang. Pengalaman ini patut untuk diceritakan pada anak saya nanti, dan supaya tidak diulangi juga. haha.

Dear my future children..

Begini ceritanya nak..

#1

Waktu di kereta Intercidade Coimbra ke Lisboa Santa Apolonia, Nak.. Bunda lagi menulis panjang lebar tentang kepergian dari Coimbra yang mendadak dan terkesan pamit buru-buru. Padahal kan momen terakhir ini, Bunda pengennya pamitan dengan romantis sama orang-orang yang mengisi hidup di Portugal, cuma mereka menyuruh bunda untuk berangkat sore itu juga dan lebih baik stay di Lisbon 2 hari ketimbang berangkat di hari H-nya pesawat Bunda dari Lisbon ke Amsterdam, resikonya ketinggalan pesawat. Ini semua karena besok, ada demonstrasi besar-besaran, jadi ga akan ada kereta yang jalan. Yasudah Bunda pikir juga lebih baik nambah stay jadi 2 hari di Lisbon karena lebih dekat dengan aerport akhirnya bunda berangkat. Di kereta.. bunda kebagian duduk bareng seorang mahasiswa, di sebelah kiri bunda, 2 perempuan yang pengen refreshing ke Lisbon, yang satunya lagi hamil (penting banget ya dikasih tau. iya penting, cewek-cewek di sana kok strong-strong yah).

Perjalanan Coimbra-Lisbon 2 jam, jd bunda habisin buat nulis aja ngeramein blog. Nah ditengah perjalanan.. ada nenek lewat dilansir umurnya 80 tahun, udah putih semua rambutnya, wajahnya tipe portugis asli, beliau mau ke WC, trus ngeliat Bunda yg satu-satunya menggunakan jilbab di kereta ini dengan tatapan aneh. Biasa terjadi ini Nak. Bunda sering diliatin dari ujung kepala sampe ujung kaki saking jarangnya yang pake jilbab. Balik dari WC sang nenek nanya, Indonesia? iya ! 🙂

Trus neneknya ngomong pake bahasa Portugis

!#*(&(^^%$))(*(*&&%%##@^

sambil memperagain cara pake kerudung,

Dengan kesotoyan mungkin artinya begini “ia saya menebak kamu org indo, ngeliat muka Asia sama kamu pake kerudung” bunda pun mengangguk,

30 menit kemudian, sang nenek balik lagi ke tempat duduk bunda dengan sengaja ! niat banget kan? berdiri buat nyapa bunda lagi dan menceritakan kalo dia pernah ke Indonesia.

Gimana bunda tau ?kan pake bahasa Portugis? kan kamu tahu Bunda suka sotoy? haha.

Soalnya si nenek nanya onde e ? (dimana) Jakarta? Bali ? (yah gitu nak turis-turis mah taunya Jakarta sama Bali buat Indonesia atau Timor Leste, dulu Timor ini bagian indonesia, sekarang negara sendiri, nah disitu banyak orang Portugis yg disana).

Lalu nenek ini cerita panjang lebar pake bahasa Portugis yg bagi bunda kayak bahasa planet %&^%^%$#&(*&$. Kadang-kadang nyebut florist, sambil seolah mencium bau bunga yang enak. Sehingga bunda tebak beliau lagi cerita, ada bunga yang harum diindo dan berbunganya malem (karena si nenek bilang florist noite, noite itu malam). Mungkin maksud nenek bunga sedap malam. Nenek juga cerita tentang Jawa, keluarganya Soemarmono (mana bunda tau nak), nyebut-nyebut zaman Soeharto, nyebut batik. Itupun ya bunda cuma bisa nebak.. beliau lanjut cerita lagi..bunda cuma senyum, mengangguk, pengen mengapresiasi si nenek, menghargai nenek ini yang sengaja berdiri hampir 1 jam lamanya untuk cerita tentang indonesia.

Orang sebelah bunda yang 2 org wanita itu akhirnya angkat bicara

“she asked you..blablabla”

pardon me, i dont hear u

she asked you

how old are you ?!

sambil nahan ketawa, dan muka kayaknya udah merah, cuaca panas, bunda juga ikut kepanasan karena malu

Si cowok sebelah bunda akhirnya ngakak nak !, ternyata dia denger walaupun pake headset. ah malu banget.

yah.. ternyata si nenek nanya toh..tapi bunda ga ngerti cuma ngangguk-ngangguk aja sm senyum-senyum.. ah untung dikasih tau sama tetangga, orang depan bunda, ngintip dari celah antar kursi sambil ngasih senyum ke Bunda, dari senyumnya seakan berkata.. sabar yaa dengerin org tua cerita.

Akhirnya cowok sebelah bunda ngartiin apa yang nenek itu ceritain. kurang lebih sama lah dengan sepenangkapan bunda (ga mau salah), tapi pas bagian-bagian pertanyaan dari sang nenek bunda ga jawab-jawab karena bunda ga tau kalo itu kalimat tanya. haha

akhirnya sang nenek pindah menceritakan semua tentang indonesia ke cowok sebelah bunda, lama banget itu nak. bunda cuma utak atik mainan di hp sambil sesekali mengawasi kali-kali ada pertanyaan lagi yg perlu bunda jawab. si ibu-ibu depan ngintip lagi dari sela kursi, lempar senyum lagi.. akhirnya 45 menit berlalu dan sang nenek tapaknya sudah capek. kembalilah nenek ke tempat duduknya, sebelum kembali beliau mendoakan bunda, best wishes for bunda katanya (pake bahasa portugis, ditranslate sm cowok sebelah bunda) dan bunda juga mendoakan beliau.

yah.. malu deh.. makanya nak nanti lain kali jangan sotoy, sebenarnya bunda pengen menghargai si nenek cerita, tapi alangkah baiknya kalo ga ngerti, minta org sebelah ngartiin, tanya dulu, dia bisa bahasa dunia ga? (kebetulan saat ini masih inggris).

sukses deh bunda jadi bahan ketawaan gerbong tempat bunda duduk. rasanya pengen keluar lalu terjun ke rel trus teriak. pliss tabrak saya oh kereta! €/€_?/_÷%&÷+×÷/_*%%¥)£_5€44365£%67(_)_8)€7)%67(=€(_%€&,€^

One thought on “My Journey Undercover

  1. Nak,, kar’na buah jatuh tidak jauh Dari pohonnya, Jadi kamu yg sabar ya.. Terima Aja fakta kesotoyan itu penyakit turunan. Aunty doakan kamu ga sampe Dapet kejadian yg sama kar’na penyakit turunanmu. Wkwkwkwk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s