There is No Such a Coincidence in the World

Tidak ada yang kebetulan di dunia ini

Memilih dan akhirnya menjadi warga sementara Kota Glasgow, Skotlandia, adalah bukan kehendak saya. saya meyakini bahwa ada hikmah di balik semua episode yang terjadi. Terkadang ada kebaikan yang disembunyikan terlebih dahulu dibalik berbagai kesulitan yang dihadapi. Kemudian ketika nikmat yang tertunda tersebut dikeluarkan satu persatu, akhirnya menyadari bahwa ini adalah jawaban dari doa-doa setiap harinya.

Saya menyesal telah berburuk sangka bahwa akan sulit bagi saya menjadi orang minoritas di negara ini. Dalam benak saya, akan sangat sulit nantinya sholat dikarenakan tidak terdengarnya kumandang azan yang merdu nan lantang, sulitnya pula mencari mushola atau  masjid, bahkan untuk mendapatkan makanan atau kedai yang menyediakan menu halal. Akan sulit bagi saya mempertahankan keyakinan ketika tidak ada orang-orang seiman yang mengingatkan saya.

All the things above are totally WRONG !

Alhamdulillah… dapet Flat dimana penghuni sebelumnya seorang muslim dan meninggalkan berbagai kaligrafi di kamar untuk mengingatkan saya akan Asmaul Husna.

Alhamdulillah… dapet Flat di ‘komplek’ yang banyak warga seiman.

Alhamdulillah… dapet Flat dimana bertebaran toko-toko untuk membeli persediaan serta kedai makanan halal.

Alhamdulillah… dapet flat yang deket 2 pusat ibadah di West End (Masjid).

Alhamdulillah… menjadi bagian dari keluarga islam Britania Raya

Alhamdulillah mendapat banyak ilmu dari Allah melalui Kak Ani dan keluarga, beliau penulis buku “Sakinah Finance” (Recommended). Saya belajar banyak walau baru beberapa kali ikut pengajian bersama beliau. How they care and looking after their children and family, how they put values of Islam in the whole part of their life with neighboors, with other citizens of Scotland, and how they still keep faith with other moslems here, etc. Saya dimentor sama seorang mualaf ! yang memiliki keinginan mendalami islam lebih bear dan sungguh malu bila dibandingkan dengan saya yang hidup bersama Islam dari sejak lahir. Semoga Allah selalu memberkahi keluarga beliau.

Alhamdulillah… dapet teman-teman sekelas yang ternyata most of moslems.

Alhamdulillah orang-orang native di sini sangat tolerir, responsif dan tidak mau rasis. mereka sangat terbuka dengan perbedaan serta saling menghormati.

Terlalu banyak nikmat yang didapat bila dibandingkan terhadap hal-hal yang sangat dikhawatirkan atau dipermasalahkan pada mulanya.

Ini adalah kali pertama saya merasakan Idul Adha jauh dari Indonesia, tapi kehangatan sesama muslim dan toleransi antar umat malah lebih terasa bagi saya.

Seorang muslim di negara ini haruslah pula memberi kontribusi dengan menambahkan dan menjaga value baik dari negara tersebut. misal value region Skotlandia yang ramah dan tertib perlu dijaga dan bahkan ditambah lebih baik oleh seorang muslim. – Khotbah Idul Adha hari ini –

Sebenarnya, ketika jauh dari mayoritas muslim, disinilah ujian keimanan itu datang. apakah kita benar-benar islam hingga substansi atau tidak. contoh kecilnya beli ayam. apakah kita akan memilih membeli ayam di pusat perbelanjaan yang kita tidak tahu bagaimana mereka menyembelih, atau berjalan lebih jauh untuk mendapatkan ayam yang disembelih dan dijual miming oleh orang yang paham akan hal itu.

Keluarga Baru di Glasgow

Suasana Sholat Ied Adha di Al-Furqaan Mosque, Carrington Street

Saya (kedua dari kanan), Mbak Ani (paling kiri), dan teman-teman

IMG_1703

Selamat Idul Adha 1435 H

Salam kangen untuk Indonesia

from Glasgow with love

fabiayyi alaa irabbikuma tukadziban

“ Ya Allah.. tempatkanlah aku pada tempat-tempat dan orang-orang yang selalu mendekatkan diri kepadaMu dan Engkau meridhoinya”

– doa yang selalu diminta –

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s