Jadi Perpuswati

The Glasgow Libraries.

Tahukah tempat apa yang paling menarik bagi saya dan terjadi pertama kali, satu-satunya, dan hanya ketika berada disini, yaitu… PERPUSTAKAAN !

Akhirnya…selain tempat shopping a.k.a PRIMARK yang menggetarkan hati untuk terus beli setiap kali menginjakkan kaki ke dalam tokonya, kemudian menggelegarkan dompet untuk terus mengeluarkan duit (toloongg..), ada tempat bermutu yang menjadi andalan ketika ditanya orang,

“Ngie, lo di Glasgow suka kemana? ”

“Perpus dong !”

Kan oke tuh pas ngejawab. Zudah… kita lanjutkan, mengapa sekarang saya menjadi perpuswati.

Nah, bagusnya nih di Glasgow, Scotland, tiap area ada perpustakaan umum. Mau itu local library maupun university library, tempatnya bikin betah, ga bosen, tempatnya nyaman dan menarik ! ciyus !

Perpus umum pertama yang saya datangi adalah Hillhead Library, karena kampus dan flat berada di area ini. Ketika masuk tempat ini, yang pertama kali terlintas di pikiran saya adalah toko buku. oh ternyata tidak, ini perpus! buku-buku sudah dikategorisasi, bukan hanya dikategorisasi berdasarkan subject tertentu, tapi juga dikategorisasi dengan kategori the most wanted, the best author, award winner, best books of the year. Buku-buku kategori tersebut yang biasanya didisplay di tengah.

Hillhead Library sendiri memiliki dua lantai. Lantai pertama terbagi menjadi area ‘dewasa’ dimana rak-rak buku yang biasanya dibaca orang dewasa berjejer, dan area anak-anak hingga teenagers yang dilengkapi dengan playground serta banyak educational books untuk balita plus desain area warna-warni. Ketika berada di area anak-anak, gue memperhatikan beberapa ibu sedang story telling untuk anak-anaknya. so sweet !

Di dalam library juga terdapat pojok teknologi, disebut e-learning corner. Disini, tiap orang, dari dewasa hingga anak feel free untuk menggunakan komputer, browsing dengan menggunakan fasilitas akses internet gratis atau membawa device sendiri dan menggunakan koneksi wi fi.

Tempat duduk untuk membaca juga disediakan dengan berbagai desain, dari kursi kaku hingga sofa, memberikan opsi untuk para pengunjung memilih tempat ternyaman untuk ‘mengunyah’ bacaan.

Saya pun kemudian berjalan kearah papan pengumuman di dekat pintu masuk yang juga terdapat rak-rak kecil tempat menaruh media marketing dan komunikasi seperti flyer atau informasi kesehatan. Perpustakaan disini, menariknya lagi, memiliki program-program kontinu yang dilakukan tiap bulan baik untuk dewasa, seluruh anggota keluarga, teenagers, dan anak-anak. sebagai contoh youth group, toddlers’ tales, creative writing group, coffee morning untuk eldery,craft camp, music workshop, knowing family tree, bahkan event formal seperti launching the Bashir Maan Archive juga dilakukan di library. Perpustakaan juga menjadi channel untuk charity dan support orang-orang terutama anak-anak yang suffer from cancer dalam program McMillan Cancer Support. The most important, It is FREE !

Punya buku atau punya bahan dari browsing internet yang perlu di fotokopi atau di print? tenang… di library juga menyediakan fasilitas ini walaupun harus mengocek beberapa penni.

Setelah asyik memperhatikan aktivitas citizen di lantai 1 Hillhead Library, saya naik ke lantai 2 yang kebanyakan diisi dengan bangku, meja dan komputer. lantai 2 didesain untuk duduk, mengerjakan tugas, ngobrol, kerja kelompok, diskusi dan lain sebagainya. Lantai 2 juga memiliki ruangan yang dapat di booking untuk melaksanakan program atau acara komunitas. Again, free to make a reservation !

Sebelum akhirnya meninggalkan Hillhead library, saya menghampiri meja resepsionis persis berhadapan dengan pintu masuk untuk menanyakan perihal menjadi member. wah ternyata stafnya sungguh ramah dan helpful. Surprisingly, menjadi member di tahun pertama gratis dan kartu tersebut dapat digunakan disemua library di Glasgow City. Dengan menjadi member, saya bisa meminjam buku hingga 12 buku dan 5 CD/DVD (bisa dikenai sedikit charge juga untuk CD/DVD). Charge juga bisa dikenakan bila kita telat mengembalikan buku yang telah dipinjem sesuai jangka waktu keterlambatan.

Local Library kedua yang saya kunjungi adalah The Mitchell Library, yang merupakan the first and the biggest Library in Glasgow City. Overall, fasilitas dan event sama untuk tiap perps. Hanya yang membedakan adalah besar bangunan dan fasilitas tambahan seperti di The MItchell ada theatre room.

Menarik bukan ? really inspiring dan jadi pengen bangun juga suatu saat ! semoga bukan ngayal belaka. Aamiiin !

tilik lanjut tenting Glasgow libraries di sini http://www.glasgowlife.org.uk/libraries/Pages/home.aspx

Rak-rak buku berjejer sesuai kategori
Rak-rak buku berjejer sesuai kategori
Cari tempat nyaman untuk membaca
Cari tempat nyaman untuk membaca
Kids Area ! Toddlers' story telling
Kids Area ! Toddlers’ story telling
Centered display for certain books
Centered display for certain books
E-Learning Corner, Bisa don lot E-book/e-magazine juga lho !
E-Learning Corner, Bisa don lot E-book/e-magazine juga lho !
Tersedia juga CD/DVD
Tersedia juga CD/DVD
Lantai dua, wah bisa jadi alternatif ngedate sama suami (siapa ?)
Lantai dua, wah bisa jadi alternatif ngedate sama suami (siapa ?)
sistem minjem yang sudah komputerisasi, staf yang helpful and humble. Either child or elder people love reading
sistem minjem yang sudah komputerisasi, staf yang helpful and humble. Either child or elder people love reading

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s