A Review: Inovasi Sedekah di Buku 99 Sedekah Kreatif

Assalamualaikum !

Bismillah…
Post pertama di 2018 saya ingin review dan menyambung kebaikan buku pertama di 2018 yang dibaca yaitu buku #99sedekah kreatif, ditulis oleh Dewi Ambarsari. Bukunya ga tebel! hanya 127 halaman dan bisa khatam 15 menit saja tapi kontennya sungguh menyemangati dan menginspirasi, serta memerlukan tekad kuat untuk konsisten mengamalkannya.

Cover Buku 99 Sedekah Kreatif
Cover Buku 99 Sedekah Kreatif

Sesuai judulnya dalam buku ini ada 99 ide kreatif sedekah yang simple, mudah dieksekusi, atau bahkan menginspirasi kita untuk menciptakan inovasi sedekah kreatif lainnya yang tentunya disesuaikan dengan kemampuan masing-masing kita.

Sebelum terjun ke ide-ide kreatifnya, penulis memaparkan secara cukup singkat pengantar mengenai pentingnya dan manfaat sedekah, kisah mengenai amalan kecil yang ternyata sebab diangkat dan bernilai mulia di sisi Allah, seperti kisah Imam Hasan Al-Bashri yang amalannya diterima hanya karena Beliau tidak mengusir lalat yang hinggap di penanya. Kisah-kisah  ini menjadi pengingat untuk terus berbuat baik karena kita tidak tahu yang mana yang menjadi sebab jalan keluar permasalahan, datangnya rezeki, sakinahnya hati,  ampunan dan amalan yang diterima.

Ide-ide sedekah kreatif yang dipaparkan di buku ini terbagi menjadi tiga bagian besar dan tidak melulu berkaitan dgn materi (uang). Kita juga bisa bersedekah dengan ilmu, keahlian kita, tenaga dan pikiran kita. Misal, kita memiliki kemampuan seperti desain grafis, kita bersedekah dengan mendesain konten dakwah, kita bisa juga menyiapkan tempat khusus untuk makanan kucing liar, sedekah tenaga mencuci mukena mushola dan lain sebagainya. Bahkan, hal paling simpel senyum ke saudara itu juga sedekah. Terlihat mudah tapi sesungguhnya penuh tantangan ya kan?:).

Sedekah Kreatif: Part Sedekah Ilmu #99SedekahKreatif
Sedekah Kreatif: Part Sedekah Ilmu #99SedekahKreatif
Ide Sedekah Kreatif: Part Sedekah Harta
Ide Sedekah Kreatif: Part Sedekah Harta #99SedekahKreatif

Kalau kita sering liat teman broadcast kebaikan, membuat tutorial, membuat quote dan lalu kita anggap dia sok bijak.. boleh jadi sebenanrnya hati kitalah yang harus diperiksa..boleh jadi sebenarnya ia sedang berusaha sedekah dengan kemampuan atau keahliannya dan ingin konsisten dijalankan setiap hari. Makanya penting banget ya menjaga niat sebelum, saat dan sudah beramal. Pada ceramahnya Aa Gym, syaitan seneng banget ngeganggu niat kebaikan manusia, sebelum bersedekah diganggu supaya ga jadi, pas sedekah diganggu supaya ga ikhlas dan setelah sedekah pun diganggu supaya dibanggakan.

Sedekah Kreatif: Part Sedekah Tenaga dan Pikiran
Sedekah Kreatif: Part Sedekah Tenaga dan Pikiran #99SedekahKreatif

Buku ini recommended untuk dibaca dan membuat kita berpikir sejenak setiap paginya untuk melihat sekeliling tempat tinggal apa yang bisa kita bantu dan berikan. Bacaan ringan nan mengena, ditambah desain buku yang menarik membuat buku ini cocok untuk teman perjalanan atau teman sambil nina bobo anak. Ide-ide pada buku ini juga bisa kita praktekan bersama keluarga dan jadi pelajaran serta pengalaman berharga buat anak-anak kita seperti membereskan mainan lalu disumbangkan ke teman-teman yang membutuhkan, bermain di panti asuhan dan banyak ide bermain sambil bersedekah bersama anak yang bisa dicoba lainnya. Setelah baca buku ini, jangan stop di rak buku kita yah, kita pinjamkan lagi atau sumbangkan ke perpustakaan masjid. Adem banget ya rasanya… Semoga kita selalu dimudahkan Allah untuk bersedekah tanpa kenal lapang dan sempit karena sedekah tidak menunggu kaya dan nanti. Bukankah sedekah terhebat itu ketika kita merasa sedang kesempitan ?
Jadi apa ide sedekah kreatif mu hari ini?
@30haribercerita #30hbc1804 #30hbc18

Bandung, 4 Januari 2018

a mood booster before doing other things

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s