Petualangan Bersama Oh! Si Burung Hantu

Tepatnya bulan Desember 2017, Cleferik Doodle dan Noura Publishing yang merupakan salah satu penerbit buku anak dalam negeri mulai mengadakan sebuah event menarik bertema #fotobarengOh. Oh! adalah tokoh berwujud burung hantu dalam buku yang ditulis oleh Mba Clefiena. Nah di event ini, anak-anak diajak untuk beraktivitas seru bersama Oh!, Kita bisa memanfaatkan salah satu atau seluruh elemen yang ada di paket buku Oh! mulai dari buku, boneka dan shape cardnya. Aktivitasnya juga bukan hanya aktivitas bermain bersama anak, namun juga bisa aktivitas yang dilakukan orang tuanya, asal mengajak serta si Oh!. Bayi dari masih dalam kandungan juga bisa ikutan seru bareng Oh! dan orang tuanya.

CUPCAKE

Buku Oh! Si Burung Hantu sendiri merupakan salah satu pelopor buku warna high-contrast (hitam-putih-merah) yang merupakan stimulasi yang pas banget terutama untuk new born.

Bayi baru lahir belum bisa melihat sempurna, jarak pandangnya masih sangat pendek. Nah stimulasi penglihatan di awal kehidupannya bisa menggunakan warna-warna kontras yang dimulai dengan ilustrasi warna hitam-putih baru diperkenalkan warna kontras lain seiring bertambahnya usia anak.

Selain itu, pola berwarna kontras juga akan melatih rentang perhatian bayi dan menstimulasi kognitifnya. Bukunya berjenis board book sehingga pasti akan lebih awet. Dalam buku dan kesempatan mengikuti workshop “Membacakan Nyaring” oleh Ibu Roosie Setiawan (penulis buku Membacakan Nyaring, founder Reading Bugs Indonesia), buku Oh! Si burung hantu menjadi salah satu buku rekomen dan buku pilihan terutama diusia 6 bulan pertama. Ditambah lagi ada boneka nya dengan pola berwarna kontras juga yang aman untuk dipegang atau diemut bayi sekaligus menstimulasi taktilnya. Bonus shapecard-nya juga bisa lebih kita eksplor terutama ketika anak sudah lebih kooperatif untuk diajak belajar sambil bermain. Bagi ibu-ibu yang akan lahiran atau baru lahiran, buku ini bisa masuk daftar barang yang dibeli lho!^^

nHBfsgAACQAAAAkALVGPZwAA2Pc.jpg
Paket Buku Oh! Si Burung Hantu

Berhubung ini salah satu buku legendaris Gahtar (karena buku pertama yang menemani dia sejak lahir bahkan waktu masih dalam perut), bunda dan Gahtar menyambut baik dan jadi ikutan event tersebut. To be honest, salah satu motivasi kami (bundanya lebih tepatnya) karena hadiahnya lumayan anetttt ! hadiah utamanya uang tunai sama paket buku uwowww! (mayan kaan buat jajan popok $-$ dan menambah pojok literasi di rumah).

Namun ternyata semakin berjalan waktu hingga event ini berakhir di Februari, ada hal yang sangat jauh jauhhhhh lebih berharga yang kami dapatkan ketimbang terlalu ngarep pengen menang.

Melalui tulisan ini kami pengen flashback lagi petualangan selama tiga bulan ke belakang bersama Oh! si Burung Hantu yang menjadi unforgettable moment yet quality time with beloved ones. Ini dia beberapa ide bermain Gahtar dan bunda yang terinspirasi dari buku Oh! Si Burung Hantu!

Mengenal Bentuk Bangun Datar Menggunakan Cleaning Pipe

Cleaning pipe dibentuk menjadi beberapa bangun datar yaitu segitiga, lingkaran, bintang, persegi dan persegi panjang. Anak berusaha mengamati dan memegang 2D geometri. Bunda berusaha menunjukkan serta mengenalkan nama bentuk tersebut dengan bantuan buku dan shape card-nya Oh!

25036065_387648028324772_8920754246110937088_n
mengenal pola menggunakan cleaning pipe dan shape card Oh!

Mencocokkan dan Sortir Warna

Bermain mengenal pola yang ada di buku Oh! dilanjut dengan sortir warna. Kami menggunakan pompom yang disesuaikan warnanya dengan bangun datar yang dibentuk dari cleaning pipe. Permainan ini kebetulan dimainkan waktu kumpul bareng sepupu. Mama-mamanya pun akhirnya bisa leyeh-leyeh karena anak-anak pada anteng bermain sambil belajar.

WhatsApp Image 2018-03-08 at 07.06.21
kumpul balita belajar sambil bermain

Selain itu, kami mencocokkan warna lego yang berbentuk persegi dan persegi panjang. ini terinspirasi dari salah satu halaman buku Oh! Bundanya pun ikut belajar bagaimana memanfaatkan mainan yang sudah ada menjadi mainan yang terus ‘fresh’.

CUPCAKE (1).png
Mencocokkan warna lego. Lego-nya diselotip menambah tantangan

Menempatkan Burung Hantu pada Warna yang Sesuai

Ini salah satu ide bermain yang ternyata disambut sangat excited sama anak. Modal hanya sterofoam bekas yang ada dalam kardus mainan, pin/ paku kecil/ jarum pentul digambar mengikuti pola pohon pada salah satu halaman di buku Oh!. Selain anak berusaha mencocokkan warna, anak juga berusaha menggantungkan si burung hantu, ia belajar untuk fokus.

CUPCAKE (2)
Oh! tidur di tempat sesuai warnanya. Ayo bantu tempatkan Oh!

Permainan lain tentang warna bisa menggunakan ice sticks, minta anak untuk memasukkan ice stick ke kotak kartus yang telah kita lubangi. Seperti ini..

WhatsApp Image 2018-02-28 at 20.04.22
Belajar fokus dengan enempatkan Oh! Sticks. 

Ternyata tidak mudah baginya… ia merasa tertantang dan harus bersabar…Bundanya menyemangati bahwa anak bisa !

Cap dan Mewarnai Pola

Spons dapat dibentuk berbagai bentuk geometri, siapkan cap dan biarkan anak berkreasi melukis abstrak. Kita bisa juga menggambarkan pola, lalu minta anak untuk mewarnai. Bisa juga menggunakan sikat gigi untuk anak mewarnai pola yang kita buat.  Kalau sudah mainan cap mah… emak harus berprinsip “gapapa kotor, ga belajar kalo ga kotor”.

CUPCAKE (3)
Cap Pola! Ga belajar kalau ga kotor

Mencari ‘Harta Karun’ di Berbagai Tekstur

Harta karun disini adalah bentuk-bentuk geometri yang disembunyikan di berbagai tekstur. Kebetulan kali ini menggunakan beras, waterbeads, dan pasir. Siapkan alat pancing yang diberi medan magnet. Bentuk geometri diberikan clip kertas agar bisa menempel dengan magnet pada alat pancingan. Kemudian setelah mendapatkan bentuk geometri, anak diajak untuk mencocokkan dengan shape card. Selamat bermain permainan sensori penuh stimulasi !

CUPCAKE (6)
Permainan sensori !

Ketemu Burung Hantu ! dan hewan-hewan yang ada di buku Oh!

Ada dua binatang yang digambarkan di buku Oh! yaitu jerapah dan zebra. Tokoh Oh! sendiri juga merupakan burung hantu. Bunda pun ingin mengajak anak ketemu langsung hewannya yang selama ini hanya dilihat abstrak. Keinginan ini terwujud melalui liburan awal tahun bareng kantor tempat Bunda bekerja. Kebetulan salah satu destinasinya adalah.. taman safari! Yey ! akhirnya bisa mengenalkan hewan-hewan terkhusus jerapah yang tinggi dan berpola, serta zebra yang nyata bergaris hitam putih. Ekspresi Gahtar takjub sekaligus seneng !

CUPCAKE (4)
Takjub lihat jerapah dan zebra !

Berkesempatan juga ketemu burung hantu ! yang ternyata beneran ada. Antara kaget, kagum, agak takut tapi penasaran pas ketemu si tokoh utama buku. Ternyata tipe burung hantu bermacam-macam!

Ketika berlibur melihat alam dan bertemu makhluk ciptaanNya seharusnya menjadi salah satu momen terbaik dalam menanamkan tauhid ya ga Bu?. Begitu Maha Besarnya Allah yang bisa menciptakan segala makhluk dengan keunikannya masing-masing.

CUPCAKE (5)
Akhirnya ketemu si OH! yang beneran!

Mengenal Konsep Siang dan Malam, Mengenal Hewan Nocturnal dan Diurnal

Dari buku Oh ! kita juga bisa mengenalkan anak konsep siang dan malam. Bunda membuat papan siang dan malam dari sterofoam (yang sebetulnya kurang baik jika menggunakan sterofoam ya buibu… tapi apadaya cuma punya itu). Papan siang-malamnya masih bisa dipakai untuk ide-ide bermain berikutnya. Sengaja dibuat berbagai tekstur untuk sensori. Lalu bunda menyiapkan printable hewan-hewan yang terjaga di siang dan malam hari dengan menggunakan tusuk gigi agar bisa ditancapkan pada papan sterofoam. Berikut Cara-cara bermainnya :

  • Anak diminta tunjuk yang mana siang hari dan malam hari. siang ada matahari (itupun kalau ga mendung dan hujan), langit biru, awan putih, terbentang indah lukisan yang kuasa (loh.. kayak lirik lagu), kalau malam gelap ada bintang dan bulan.
  • Anak diminta mencabut/ menancapkan hewan-hewan yang Bunda sebut
  • Anak diminta ambil hewan yang diminta/ disebutkan dan menempatkannya pada papan yang sesuai, hewan malam atau siang hari.

WhatsApp Image 2018-03-08 at 07.35.23 (1)

Family Tree!

Berhubung kami adalah keluarga rantau yang tentunya kangen kumpul keluarga dimana momen kumpul keluarga paling cuma pas lebaran atau pas libur panjang. Pohon keluarga ini menjadi salah satu jalan mengenalkan anak kepada anggota keluarga besar. Kami terinspirasi dari halaman terakhir buku Oh! Anak diajak untuk menggantungkan foto di pohon keluarga lalu ia diminta untuk menunjuk dan menyebutkan nama anggota keluarga yang disebutkan orang tuanya. Mission accomplished !

WhatsApp Image 2018-03-08 at 07.50.00
Family Tree !

Diorama Balon Udara

Salah satu halaman buku Oh! ada yang menceritakan tentang si burung hantu yang terbang menggunakan balon udara, jadilah kami pun membuat diorama balon udara menggunakan pot, sedotan dan balon yang ditiup. Anak mengenal cara meniup balon, ada udara yang mengalir mengisi ruang dalam balon, balon ringan, bisa melayang dan pecah.

WhatsApp Image 2018-01-11 at 07.26.50
Tunjuk Balon Udara !

Bernyanyi Bersama Oh!

Buku dan boneka Oh! jadi barang wajib yang ada di tas. Kalau bepergian dan di perjalanan, Gahtar buka buku dan mengajak nyanyi ketika setiap buka halaman buku. Sama waktu dia buka buku Oh! Si Burung Hantu, dia minta orang tuanya nyanyi. Jadilah kita bernyanyi burung hantu, bintang kecil, bintang kejora, balon udara, naik zebra istimewa (improvisasi dari lagu naik delman), dan lihat kebunku. Bernyanyi selama perjalanan paling ampuh supaya anak ga kemana-mana dan duduk anteng, walaupun capek dan haus banget karena dia ga mau kita berhenti. Kadang nyanyi jadi cara ampuh juga buat anak tidur selama perjalanan. yey !

Sebenarnya banyak sekali aktivitas faedah yang bisa kita gali dari sebuah buku. Tergantung niat dan usaha orang tuanya (termasuk yang nulis usahanya masih suka maju mundur cantik (“-“)v).

Tidak perlu mainan atau bahan mahal nan sulit, bahan bekas juga bisa kita manfaatkan. Yang penting juga hadirnya sepenuh hati dan tubuh orang tua ketika momen bersama anak. Jalani, nikmati, syukuri setiap waktu yang tak mungkin terulang.

Kita pengen berterimakasih sama penyelenggara. Event ini semacam bentuk bedah tuntas buku anak! Setelah baca lalu beraktivitas, atau sebaliknya beraktivitas lalu membuka buku yang berkaitan dengan aktivitas tersebut. Selain memicu kreatifitas, kami sangat menikmati momen bermain bersama yang kami harap dapat menguatkan bonding antara orang tua dan anak, serta dengan Oh! Si Burung Hantu sebagai media kami kali ini. Semoga akan ada lagi event-event seperti ini and we definitely wanna join!.

The precious time and the bonding between parents and children are actually the best present that we get from this kind of event!

Thank you Oh! we are beyond happy! See you in the next event ^^.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s