Serunya Berkelana di Festival Hari Buku Anak Vol. II !

Festival Hari Buku Anak Bandung (FHBA) yang baru saja dilaksanakan kemarin minggu, 22 April 2018,  menjadi salah satu momen terbaik yang tak akan terlupakan bagi saya. Mungkin Gahtar (20 Bulan) akan lupa dengan detil peristiwa tersebut, tapi saya percaya momen kebersamaan di festival ini akan makin menguatkan ikatan diantara kami, semakin membangkitkan semangat kami untuk dekat dengan buku, senang untuk selalu mencari ilmu sekaligus menebarkannya, dan harapannya menjadikan kami pribadi yang makin bersyukur. FHBA itu sendiri merupakan suatu kegiatan yang diinisiasi oleh @pustakalana (salah satu perpustakaan anak berbasis komunitas di Bandung) sejak 2017 untuk merayakan hari buku internasional sekaligus menumbuhkan kesadaran literasi sedari dini. Kami pun telah mengagendakan untuk datang ke FHBA vol. II jauh bulan sebelumnya. Setidaknya kami ingin berbagi pengalaman yang sangat berkesan ketika berkelana di dunia pustaka dengan menghadiri FHBA Vol. II.

IMG_E7740[1]
Berkelana di FHBA Vol. 2
CRNV5126[1]
Pasang twibbon sebagai bentuk dukungan untuk FHBA vol. II

FHBA vol. II diadakan di lapangan cinta kampus ITB. Lapangan ini disulap dan dibagi menjadi beberapa area. Nama tiap area terinspirasi dari buku anak dan tiap area punya kegiatannya masing-masing.

Pertama datang kami langsung menuju The Land of Oz (The Wonderful Wizard of Oz). Ini adalah area book-based activity. Disini Gahtar ikutan aktivitas bersama @jejakkecil karena sesuai dengan umurnya yang masuk kategori 2-3 tahun. Buku yang diusung Rosie Revere, Enginer yang dikarang oleh Andrea Beaty. Salah satu buku yang rekomen menceritakan tentang seorang anak perempuan yang punya mimpi jadi insinyur. Ketika orang lain melihat barang-barang tak berguna itu sampah, Rosie malah menemukan banyak ide untuk membuat sebuah penemuan hebat dari barang-barang yg dianggap sampah tersebut. Buku ini juga memberikan pelajaran tentang kegagalan yang mungkin akan kita hadapi sebelum mencapai impian. Tapi kita jangan takut gagal. Nah.. based on buku tersebut anak-anak kemudian diajak beraktivitas dengan memanfaatkan botol bekas untuk jadi roket! Gahtar senang sekali ! dia asyik menempel dan menghias roketnya. Setelah jadi, roketnya dipakai terus ! sampai keesokan harinya pun mau berangkat ke daycare dia minta bawa roketnya. Kegiatan ini sangat menginspirasi saya untuk eksplor ide bermain bersama anak dari buku yang sedang dibaca (book-based activity), supaya bukunya tidak nongkrong di lemari saja.

 

Dari the Land of Oz kami menuju area Hobbiton ! Area ini disulap menjadi taman bermain suka-suka. Gahtar ketemu aneka macam binatang yaitu kura-kura, umang-umang (sejenis kepiting), mencit, garangan, musang, hingga ular. Anaknya excited sekali ingin megang ular sementara bundanya sudah gemetar. Selain itu, diarea ini juga bermain terowongan sepuasnya! Nah uniknya.. semua terowongannya dibuat dari kardus ! buatannya the one and only teh Nur Maliyanti dengan nama alias @ibukardus.

 

Setelah puas bermain di playground, kami pun makan siang untuk mengisi kembali energi. Kami makan siang di depan area Paddington atau area panggung utama sambil dengerin edukasi tentang pilah-pilih buku anak dan menyaksikan launching buku. Setelah re-charge tenaga, saatnya menuju area Matilda ! area yang paling disukai ibu-ibu tapi paling ditakuti sama suami karena takut khilaf kalap belanja buku. Yap ! area Matilda adalah area pasar buku dan juga produk-produk unik lainnya. Wah.. sayangnya berhubung ini akhir bulan (dan ingat prioritas utama lainnya), maka saya harus menahan nafsu untuk memborong buku atau mainan edukatif. Di area ini saya hanya lihat-lihat sembari memasukkan judul buku ke wishlist saja dulu deh

Dari pasar buku kami kemudian nangkring menghabiskan waktu di Mr. McGregor’s Garden (The Tale of Petter Rabbit) atau area pojok baca ! Disini kita bisa menikmati read aloud langsung dari penulis bukunya. Rundown yang kita buat (sebelum ke FHBA kita sampai buat rundown mau kemana aja dan ngikutin apa aja ^^) jam 10.30 kita berencana ke area ini karena mau ketemu teh Clefiena dan mau dibacakan buku 1,2,3 Selamatkan Teman-Teman Bima! tapi ternyata Gahtar masih asyik buat roket. Kami baru mengunjungi area ini sekitar pukul 2 siang untuk menyimak kak Ana dengan bukunya Putri dari Timur dan kak Audeline dengan bukunya Aku Suka Caramu. Buku Aku Suka Caramu ini salah satu buku yang kami pengen punya dan akhirnya dapat dari penulisnya langsung!, tapi sayangnya lupa minta tanda tangan sekalian. Ceritanya tentang cara Rano yang tunanetra bisa sampai ke suatu tempat tujuan. Cerita yang ga biasa kan.. dari buku ini juga bisa dikembangkan banyak aktivitas seperti tebak bau, bunyi, dan rasa seperti cara tunanetra mendapat informasi dari lingkungan sekitar walau tidak dapat melihat. Area ini dilengkapi dengan bean bag jadi bunda bisa istirahat sejenak dibawah pohon dengan angin sepoi-sepoi.

 

Oh iya ! satu informasi penting yang perlu disampaikan juga dan bisa menjadi contoh untuk festival lainnya terutama yang melibatkan anak yaitu FHBA vol II ini mendukung gerakan good festival dan zero waste event ! Acara ini betul –betul ramah anak bahkan ramah bayi dan ramah lingkungan. Pengunjung diajak bersama-sama mengurangi sampah yang dihasilkan. Tiket masuk bisa dijadikan pembatas buku, disediakan tempat sampai sesuai kelompoknya, dekorasi dari material-material yang ramah lingkungan, pengunjung diminta membawa kantung belanja, tempat makan dan botol minum sendiri, mengurangi produksi sampah dengan selalu menghabiskan makanan/ minuman yang dibeli, mengganti tisue dengan bawa sapu tangan dan paling penting dilarang merokok dalam acara ini. anak senang, ortu juga ga was-was!

Dekorasinya juga bagus banget ! terkonsep rapi dan berseni ! banyak spot-spot yang bisa dimanfaatkan untuk mengabadikan momen bersama keluarga. Pun juga merchandise-nya yang didesain sangat lucu. Dari FHBA kali ini, kami dapat notebook dari bonus pembelian tiket PO (btw tiket masuknya tergolong sangat affordable lho! 40.000 sudah dengan anak bersama 1 pendamping) dan memory card dengan gambar yang terinspirasi dari berbagai buku anak.

 

Jika acara yang dilaksanakan dengan sepenuh hati dan raga memang terasa berbeda ya.. value-nya tuh dapet banget ! didukung semesta pula dengan cuaca cerah dan hujan turun pas setelah selesai acara.. masyaAllah…seakan diberkahi.. Pulang selepas acara menorehkan kenangan yang indah dan pertemuan selanjutnya itu menjadi hal yang dinanti. Itulah yang kami rasa dari FHBA.  We miss this event already! Festival ini sangat direkomendasikan menjadi agenda tahunan keluarga karena acaranya seru sekali ! penuh keceriaan dan sangat bermanfaat! Semoga menjadi acara tahunan yang rutin diadakan oleh Pustakalana dan untuk tahun depan kami telah merencanakan untuk pakai kostum dari buku favorit kami ^^ ! Terimakasih untuk semua panitia, we as visitor really appreciate your dedication ! Sampai jumpa di FHBA vol. III dan  Selamat Hari Buku Internasional !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s