Mengasah Sensori dari Buku “Aku Suka Caramu”

Book of the week and kid approved!

Review buku minggu ini jatuh pada buku anak berjudul..

Aku Suka Caramu

Ditulis oleh kak Audelia Audeline dan diterbitkan oleh Litara.

img_8632
Cover Buku “Aku Suka Caramu”

Buku-buku Litara ini salah satu yang kami suka dan rekomendasikan. Yayasan Litara ini merupakan salah satu yayasan yang bergerak aktif meningkatkan literasi anak Indonesia. Mereka juga punya pelatihan dan program-program untuk penulis dan ilustrator berbakat sehingga menghasilkan cerita dan ilustrasi yang berkualitas. Dan yang paling disuka, alur cerita dan ilustrasinya itu Indonesia banget! Mempromosikan warisan budaya Indonesia ke anak lewat buku cerita. Buku Aku Suka Caramu ini juga salah satu A Room to Read Accelerator Project. Cek buku-buku Litara dan buku hasil proyek akselerasi Room to Read disini.

Alhamdulillah kebetulan kami mendapatkan buku ini langsung dari penulisnya ketika kami menyimak kak Audelia membacakan nyaring di acara FHBA. Baca juga tentang FHBA 2018.

Saking excited-nya kami sampai lupa untuk minta tanda tangan pas acara tersebut.

Cerita buku ini mengangkat tema yang ga biasa. Tidak seperti cerita-cerita buku anak yang kebanyakan tentang kehidupan sehari-hari atau pengembangan diri. Buku ini menceritakan tentang secuplik kehidupan seorang anak yang tunanetra, Rano namanya. Dengan tongkat dwi warnanya, ia akan menyusuri jalan dari rumahnya menuju pesta ulang tahun temannya. Ada Wuri, teman perempuannya yang imut dan gempal yang juga akan pergi ke acara ultah tersebut. Ia hendak membantu menuntun Rano sampai ke tujuan. Tapi ternyata dengan caranya sendiri, Rano bisa menuju rumah temannya. Malah Wuri yang dibuat kagum dengan caranya? Hmm Bagaimana cara Rano? Penasaran kan..

Dari pandangan kami, buku ini ingin menceritakan kehidupan manusia yang beragam dengan keistimewaan masing-masing. Begitupun juga yang diberi Allah kekurangan pada penglihatan, sebenarnya ia istimewa dengan caranya. Justru yang memiliki penglihatan normal (dan kami yang membaca) yang belajar banyak dari tunanetra. Walau tidak bisa melihat dengan mata, namun sebenarnya mereka menggunakan dan mempertajam indera lainnya untuk melihat dunia. Terkadang, kita banyak melihat dunia lewat mata saja, hingga sering kurang bersyukur. Kita lupa dengan indera lain yang dianugrahkan juga untuk merasa. Buku ini juga mengajarkan empati dengan cara yang lebih asyik serta meminta izin untuk membantu.

Buku ini cocok dibaca semenjak dari kandungan lho! . Namun, hati-hati bagi bayi yang mulai membolak balik halaman sendiri karena bukunya paper-based, sayang kalau robek.

Setelah baca buku ini, ternyata banyak aktivitas seru yang bisa digali dan dilakukan bersama anak.

Untuk anak-anak yang masih batita, dari buku ini kita bisa mengembangkan banyak permainan sensori! Dimana umur 0-2 tahun, sensorinya berkembang sangat pesat dan butuh stimulasi-stimulasi yang pas. Lihat perkembangan sesuai umur disini.

Dari buku Aku Suka Caramu, kami bermain tebak rasa, cium aneka rempah-rempah, raba aneka tekstur pakaian/ kain, dan tebak asal bel berbunyi. Untuk anak yang lebih besar, bisa ciptakan permainan tebak benda atau mencapai tujuan dengan instruksi dan mata tertutup. Wah pasti seru!

img_8638-1
Sensori penciuman menggunakan Rempah-Rempah

 

7F1DD043-11F6-4B7E-AC9B-A6FDC84F9F6B
Permainan sensori hanya pakai bumbu dapur
EAF8E6C0-1211-4237-8E24-8A623F201DD7
Raba Aneka Tekstur

Kid-approved! setelah dibacakan buku ini dan bermain terinspirasi dari buku tersebut, terbukti si Gahtar beberapa malam ini mengambil buku ini untuk minta dibacakan sebelum tidur.

Silahkan bagi yang ingin punya pengalaman bermain sensori yang lebih asik bersama buku, buku ini bisa jadi pilihan. Selamat membaca dan bermain bersama Rano, Wuri dan kucingnya ya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s