Ini Dia 10 Rekomendasi Buku Islam Untuk Anak, No. 3 Paling Favorit !

Akhir-akhir ini, merasa ga sih.. penerbitan dan penjualan buku anak cukup meningkat pesat baik buku impor maupun lokal, terutama buku-buku islam untuk anak. Mengingat pangsa pasar konsumen muslim yang sangat besar di Indonesia dan meningkatnya edukasi para ibu saat ini, jadi buku-buku anak khususnya yang bertema islam menjadi yang paling diminati saat ini. Kalau dulu saya hanya menemukan buku lift the flap, pop-up, push-pull-slide, texture, atau sound book ketika hidup di UK atau ketika berada di toko buku impor, sekarang sudah ada penerbit lokal yang menerbitkan buku anak dengan tipe-tipe seperti itu. Temanya juga sudah banyak sekarang yang mengarah berkonten islami. Kadang-kadang membuat kita pengen borong secara impulsif tanpa paham terlebih dahulu value buku tersebut apakah cocok, apalagi buku agama harus cek apakah buku tersebut dari sumber pustaka yang bisa dipercaya atau tidak. Ada penulis dan penerbit yang benar-benar menulis dan menerbitkan buku berkualitas dan punya nilai edukasi yang tinggi, Ada juga yang menurut saya aji mumpung saja hehehe. Nah.. kali ini saya ingin share buku islam untuk anak yang rekomen dari tauhid hingga muamalah. Ini dia !

  1. Allah Ciptakan Tubuhku dan Allah Selalu Ada Untukku

Penulis: Amalia Kartika Sari

Duo buku ini rekomen untuk menanamkan tauhid ke anak. Walau bukunya agak tebal dan ada halaman-halaman yang kalimatnya cukup panjang, sehingga perlu trik untuk melakukan read aloud atau book-based activity untuk balita lewat buku ini, namun penyampaiannya konkret. Saya ga membacakan seluruh isi buku dalam satu waktu, karena tentu anak 2 tahun rentang konsentrasinya belum cukup panjang. Biasanya kami membuka satu-dua halaman dan membacakan nyaring, lalu diikuti aktivitas berdasarkan halaman tersebut. Misal di buku Allah Ciptakan Tubuhku, kami ingin bermain dan belajar mengenal anggota tubuh, kami buka halaman yang menggambarkan anggota tubuh yang diberikan Allah. Dari satu halaman tersebut saja, banyak yang bisa diajarkan ke anak. Selain mengetahui organ-organ dalam tubuh, kita juga dapat menyisipkan doa minta badan yang sehat serta mensyukuri bagian terkecil dalam tubuh kita. Ajarkan anak bahwa salah satu bentuk syukur kita akan tubuh dari Allah dengan menggunakannya dengan baik serta menjaga kesehatannya dengan tidak jajan sembarangan, makan yang halal saja, cuci tangan dan sebagainya.

 

 

  1. Jagalah Allah, Allah Akan Menjagamu

Penulis: Muhammad Yasir, Lc

Buku ini berisi kumpulan kisah-kisah tentang akidah dan ihsan yang dapat diceritakan untuk anak setiap harinya. Buku ini menitikberatkan kepada iman kepada Allah sebagai pijakan pertama dan utama bagi manusia dalam semua kondisi. Fondasi inilah yang perlu dibangun sedini mungkin untuk melakukan apa yang disukai-Nya dan menjauhi apa yagn dibenci-Nya melalui kisah-kisah seperti kisah tentang laki-laki dan anjing kehausan, kisah tentang Bilal dan masih banyak lagi. Saya biasanya tidak membacakan semua kalimatnya karena saya kurang terlalu suka sama narasi utuhnya, biasanya saya baca dan pahami dulu ceritanya sambil cari referensi lain juga sebelum membacakan nyaring buku ini kepada anak.

WhatsApp Image 2018-07-29 at 08.37.31
Jagalah Allah, Allah Akan Menjagamu
  1. Allah Knows All About Me

Penerbit: Learning Roots

Salah satu penerbit buku anak favorit kami yaitu Learning Roots dari UK. Temanya berat tapi bisaan banget disampaikan dengan sederhana untuk anak dan value-nya tuh ngenaa banget. Kadang pas bacain sampai terharu saking menyentuh hati! Sebut saja buku The Way to Jannah yang bercerita tentang Zaid dan Bundanya mencari jalan untuk ke surga, secara tidak langsung mengajarkan anak untuk berzikir dan penggunaannya (misal bismillah ketika memulai perjalanan), diakhir buku kita akan paham gimana cara ke surga dan ingin ke surga bareng keluarga. Jadi akhir buku ini tuh nyentuh banget sampe mewek. Sama kayak buku The Prophet’s Pond, masih bercerita tentang Zaid yang pengen mencari telaga karena mau ketemu seseorang yang luar biasa. Ternyata sesorang itu adalah Rasulullah SAW. Endingnya itu bikin rinduuuuu sama Rasulullah. Dan buku yang ga kalah bagus yaitu Allah Knows All About Me. Mulai dari kepala hingga kaki, ketika marah atau senang, ketika panas maupun hujan, dengan rahmat dan kasih sayangnya Allah tahu tentang kita. Ini mengajarkan anak melalui cerita sederhana yang dapat ditemui sehari-hari bahwa Allah tidak pernah meninggalkan kita, Allah tahu kalau anak akan merasa sedih ga dibeliin mainan, maka secara tidak langsung mengajarkan anak (dan tentu orang tua) untuk terus minta ke Allah setiap keinginan baik dan berhati-hati pada setiap tindakan kita. mengenalkan cuaca dan emosi juga bisa pakai buku Allah Knows All About Me. Buku-buku dan mainan edukasi dari Learning Roots paling recommended so far !!

WhatsApp Image 2018-07-29 at 08.37.33
Allah Know All ABout Me by Learning Roots

 

 

  1. 365 Hari Bersama Nabi Muhammad SAW

Sebenarnya ada banyak buku anak yang menceritakan tentang sirah Nabawiyah mulai dari Rasulullah SAW lahir hingga sepeninggal Rasulullah. Buku sirah ini biasanya dikemas berbentuk satu set buku dengan berbagai seri sehingga tak jarang harganya mahal sekali. Jika tetap ingin punya buku yang bisa dibacakan bersama anak segala tentang Rasulullah SAW, buku 365 Hari Bersama Nabi Muhammad SAW bisa jadi pilihan. Dalam satu buku sudah lengkap cerita tentang Rasulullah SAW dari lahir hingga wafat dan dikemas dalam satu cerita untuk satu hari selama setahun kedepan. Harganya masih tergolong affordable (Rp 2000,- perhari selama kurleb 4 bulan, ketimbang buku set lainnya yang mungkin harus menabung bertahun-tahun). Hal lain yang saya suka dari buku ini, situasi perang tidak digambarkan secara jelas dan detail, sebetulnya tidak apa untuk anak yang sudah paham logis dan tak logis, yang harus hati-hati untuk anak yang masih sangat butuh pendampingan dalam memahami sesuatu. Cuma satu sih yang agak kurang nyaman, kalau bacain buku ini sebelum tidur ke anak, memegangnya cukup bikin otot mekar.

WhatsApp Image 2018-07-29 at 08.37.42
Buku Untuk Meningkatkan Cinta Kepada RAsulullah SAW
  1. My Special Angels

Penulis: Razana Noor, Ilustrator: Omar Burgess

Sebelumnya saya tidak pernah menemukan dan membacakan buku ke anak tentang iman kepada malaikat sampai saya ketemu buku My Special Angels ini. Buku ini mengenalkan kepada anak tentang malaikat Kiraman Katibin yang bertugas menulis amal baik maupun buruk setiap manusia. Every single thing will be noted and reported to Allah oleh mereka. Malaikat akan senang sekali ketika mencatat amal baik, sedangkan akan sedih sekali bila mencatat amal buruk. Nah, buku ini akan men-encourage anak dan kita semua untuk terus berbuat baik, berhati -hati dalam bertindak dari sejak dini, serta berbuat baik tanpa pamrih dan hanya mengharap balasan dari Allah.

WhatsApp Image 2018-07-29 at 08.37.44

  1. Phonic Based on Al-Qur’an dan Angka-Angka dalam Al-Qur’an

Penulis: Julia Sarah Rangkuti

Buku ini mengenalkan abjad, fonik, dan angka dengan cara yang berbeda. Biasanya buku setipe ini hanya 1,2,3 atau A,B,C dilengkapi dengan nama-nama benda yang berhubungan, tapi di buku ini juga bertujuan menstimulasi semua indra anak. Makanya, abjad atau angkanya dicetak dengan kertas yang bertekstur untuk menstimulasi indra peraba dan memudahkan anak menulis di kemudian hari. Abjad dan angka dihubungkan pula dengan ayat dalam al-quran yang memuat/ menyebutkan angka atau kata dalam buku ini. Di buku angka-angka dalam Al-Qur’an, angka 1-10 sebenarnya tercantum dalam Al-Qur’an beserta kisahnya seperti 7 sapi gemuk dan 7 sapi kurus yang ada di QS Yusuf. orang tua juga jadi bisaberkisah tentang ayat dan makna dalam Al-Qur’an dan akan mendorong untuk mencintai dan mentadabburi Al-Qur’an. Ini salah satu buku yang menurut saya beda banget dari buku pengenalan angka dan abjad yang pernah beredar.

 

 

  1. Al-Qur’an Menakjubkan

Penulis: DK wardhani, penerbit : Qibla

Ada 2 seri buku ini, seri pertama bertema Manusia dan Alam, seri kedua bertema Hewan dan Bumi. Sesuai judulnya, buku Al-Qur’an Menakjubkan ini betul menakjubkan dan seru sekali ! buku ini menghubungkan ayat-ayat dalam Al-Qur’an dengan ilmu pengetahuan tentang alam semesta, manusia, hewan dan bumi. Sehingga baik anak maupun orang tua akan semakin memahami makna yang dikandung Al-Qur’an selain hanya membacanya dan harapannya kita akan semakin mencintai Al-Qur’an serta semakin kagum akan penciptaan Allah Sang Maha Pencipta. Buku ini berisi banyak sekali aktivitas dengan ilustrasi yang menarik!. Orang tua juga dapat mendampingi anak saat mengerjakan buku ini, mencari ayat Al-Qur’an dan terjemahannya, menyiapkan permainan/ material konkret yang berkaitan dan dilanjutkan mendiskusikan bersama-sama. Dijamin belajar sains yang tidak akan bosan!

WhatsApp Image 2018-07-29 at 08.37.35

  1. Muamalah Untuk Anak

Penulis: Muhammad Ibrahim Saleh, Lc dan Tim Sekolah Muamalah Anak

Muamalah untuk anak sendiri sudah ada 3 seri ya, seri pertama (sampul biru) tentang mengenal buruknya harta haram, seri kedua (sampul jingga) tentang jual beli yang terlarang, dan seri ketiga (sampul hijau) tentang riba yang dianggap biasa. Wah dari temanya, sepertinya berat ya sudah langsung dikenalkan ke anak. Tapi kapan lagi kalau ga dari kecil kita biasakan ? buku ini juga justru malah orang tuanya jadi belajar banyak mengenai muamalah kontemporer. Beberapa kesalahan yang mungkin pernah dilakukan orang tua dan tidak ingin diulang oleh anak, nah buku ini bisa menjadi media dan panduan dengan ilustrasi yang menarik, tokoh yang konsisten, bahasa yang mudah dimengerti anak, serta konfliknya yang disesuaikan dengan permasalahan yang dapat sehari-hari ditemukan anak.

WhatsApp Image 2018-07-29 at 08.37.34
Muamalah Untuk Anak Seri I
  1. Little Muslims Workbook Tema Haji dan Umroh

penulis: Familia Kreativa

Buku ini berisi banyak aktivitas yang akan menambah pengetahuan dan kecintaan terhadap islam terutama berhubungan dengan tema haji dan qurban. Mulai dari mengenalkan ka’bah, kalimat talbiyah, pakaian ihram, rukun haji dan umroh, wukuf, dan pelaksanaan qurban. Semuanya dibungkus dengan beragam aktivitas yang akan membuat anak sibuk. Mumpung sebentar lagi musim haji dan hari raya Idul Adha, buku ini cocok banget lho untuk jadi teman bermain anak sambil belajar tentang rukun islam kelima.

WhatsApp Image 2018-07-29 at 08.37.34 (1)

  1. Mahkota Surga Untuk Ayah

Penulis: Kang Canun dan Teh Fufu

Buku ini berkisah tentang Rayyan yang ingin sekali membuat ayahnya, yang sedang terbaring sakit, bahagia dan sembuh dari sakitnya. Ia ingin menghadiahi ayahnya hafalan Al-Qur’an. Sepanjang perjalanan ke rumah sakit ia pun meminta bundanya menyimak hafalannya. Kenapa Rayyan pengen sekali menghafal Al-Quran untuk ayahnya ? ah jawabannya bikin meleleh. Setiap orang tua pasti kepengen banget ya anaknya hafidz/ hafidzah. Buku ini sejujurnya juga menyentil saya kalau saya pengen anak memberikan saya kelak mahkota di akhirat, saya pun juga harusnya berusaha keras agar dapat memberikan mahkota untuk ibu dan ayah, kakek dan neneknya anak-anak. Buku ini sukses bikin merinding bacanya walaupun sejujurnya saya ga terlalu suka sama setting ceritanya di ICU (T_T). Mungkin ada anak yang di luar sana sedang berada pada kondisi seperti di buku ini, buku ini pasti sangat pas bagi keluarga tersebut dan bisa memberikan insight pada anak-anaknya.

WhatsApp Image 2018-07-29 at 08.37.37

Itulah 10 rekomendasi buku anak islami versi saya yang coba saya jabarkan, Nah kalau rekomendasi ibu-ibu lainnya apa ya ? Menurut saya, kadang kita tidak perlu punya atau beli semua buku, kita juga bisa meminjam di perpustakaan atau membuat semacam grup dengan ibu-ibu lainnya untuk pinjam-meminjam buku anak. Tentu term and condition-nya harus jelas ya karena adik-kakak aja bisa beda memperlakukan buku apalagi anak orang lain. Semangat membaca bersama anak ! ^^

One thought on “Ini Dia 10 Rekomendasi Buku Islam Untuk Anak, No. 3 Paling Favorit !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s