Kenapa Kosmetik Perlu Halal Juga?

Nah.. Kali ini kita akan membahas tentang kosmetik halal.

Kosmetik itu sendiri dapat digolongkan berdasarkan sifat modern atau tradisionalnya, dan menurut kegunaannya pada kulit. Penggolongan menurut sifat modern atau tradisionalnya, kosmetik dapat digolongkan menjadi kosmetik modern, yaitu diproduksi dari bahan kimia dan diolah secara modern dan kosmetik tradisional. Kosmetik tradisional dibagi lagi menjadi fully traditional:dibuat dari bahan alam, diolah menurut resep dan cara yang turun-temurun seperti lulur, mangir, masker wajah putih telur, madu, dsb. Dan semi-tradisional, terdapat pula bahan alam namun diolah secara modern serta mungkin ada tambahan bahan kimia untuk kegunaan lain dalam produk seperti pengawet agar produk kosmetik tahan lama.

Sedangkan penggolongan menurut kegunaan pada kulit dibagi menjadi:

Kosmetik perawatan kulit (skin-care)

Jenis ini perlu untuk merawat kebersihan dan kesehatan kulit seperti sabun mandi, pasta gigi, mouthwash, deodorant, face cleanser, moisturizer, sunscreen, scrub cream,  termasuk di dalamnya yang sedang happening produk 10 step skin care ala Korea.

Kosmetik riasan (dekoratif atau make-up)

Sedangkan jenis ini diperlukan untuk merias sehingga menghasilkan penampilan yang lebih menarik serta menimbulkan efek psikologi yang baik, seperti meningkatnya kepercayaan diri seperti maskara, lipstik, eye shadow, bedak, dan termasuk parfum, cat kuku dan cat rambut.

Jadi boleh kah kita menggunakan kosmetik ?

Perempuan ingin terlihat cantik itu memang sudah fitrahnya dan Allah Maha Tahu hingga dalam Islam diatur sedemikian rupa tentang penampilan seorang wanita agar disukai Allah. Namun, ada hal-hal dasar yang perlu kita pahami terlebih dulu.

  1. Larangan Tabarruj

Dalam QS. Al-Ahzab: 33, Allah sebutkan kata tabarruj

” Hendaklah kalian (para wanita) tetap di rumah kalian dan janganlah kalian bertabarruj dan seperti tabarruj orang-orang Jahiliyah yang dahulu..”

Ada dua keterangan ulama mengenai makna Tabarruj pada ayat tersebut:

Pertama, dari Abu Udaidah bahwa tabarruj berarti wanita menampakkan kecantikannya (di depan lelaki yang bukan mahram).  Kedua, keterangan dari Az-Zajjaj, tabarruj artinya menampakkan bagian yang indah (aurat) dan segala yang mengundang syahwat lelaki (non mahram).”

Berdasarkan keterangan diatas, maka segala upaya wanita menampakkan kecantikannya di depan lelaki lain yang bukan mahram, termasuk tabarruj yang dilarang Allah. Oleh karena itu menggunakan pakaian ketat, menampakkan aurat atau menggunakan make-up yang tebal saat keluar rumah semuanya termasuk bentuk tabarruj yang dilarang dalam syariat.

2. Allah mencintai keindahan

Allah telah memberi kita tubuh dan wajah yang sempurna. Jadikan menggunakan produk perawatan kulit adalah bagian ibadah dan mensyukuri apa yang telah Allah berikan dengan dijaga kebersihan dan kesehatannya. Bagi yang sudah menikah, menggunakan kosmetik untuk ibadah menyenangkan suami. Sehingga penting sekali bagi kita meluruskan niat bahkan untuk hal-hal yang terlihat sepele seperti menggunakan produk skincare. Menggunakan skincare supaya makin keliatan cantik dan menarik pikat orang lain apalagi bukan mahrom tentu tidak boleh.

3. Perhatikan kandungan dalam produk

حُرِّمَتْ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةُ وَالدَّمُ وَلَحْمُ الْخِنْزِيرِ وَمَا أُهِلَّ لِغَيْرِ اللَّهِ بِهِ وَالْمُنْخَنِقَةُ وَالْمَوْقُوذَةُ وَالْمُتَرَدِّيَةُ وَالنَّطِيحَةُ وَمَا أَكَلَ السَّبُعُ إِلَّا مَا ذَكَّيْتُمْ وَمَا ذُبِحَ عَلَى النُّصُبِ وَأَنْ تَسْتَقْسِمُوا بِالْأَزْلَامِ ۚ ذَٰلِكُمْ فِسْقٌ ۗ الْيَوْمَ يَئِسَ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ دِينِكُمْ فَلَا تَخْشَوْهُمْ وَاخْشَوْنِ ۚ الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الْإِسْلَامَ دِينًا ۚ فَمَنِ اضْطُرَّ فِي مَخْمَصَةٍ غَيْرَ مُتَجَانِفٍ لِإِثْمٍ ۙ فَإِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ

Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah, (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan. Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Al-Maidah ayat 3)

Ayat tersebut dan beberapa ayat lain yang menyebutkan mengenai halal dan thoyib menjadi dasar atau doktrin menentukan makanan halal. Hal tersebut juga berlaku dalam konsep kosmetik halal.

Produk kosmetik halal tidak boleh mengandung bahan-bahan yang terbuat dari/ diturunkan dari babi, darah, bangkai, bagian tubuh manusia, binatang buas, dan binatang yang dibolehkan namun tidak disembelih sesuai hukum islam. Hal tersebut harus dapat dipastikan  mulai dari tahap manufaktur, penyimpanan, transport hingga bisa sampai ke pihak konsumen.

Tapi kan kosmetik tidak dimakan kenapa harus tetap halal ?

Kosmetik yang melekat pada kulit kita jika ada unsur yang tidak diperbolehkan seperti babi akan menjadi najis dan kemudian kita gunakan tubuh kita untuk sholat. Jika najis melekat dan tidak disucikan sesuai syariat, maka sholat yang menjadi amalan pertama dihisab menjadi tidak sah pula. Inilah alasan kenapa kita perlu memilah kosemtik yang halal saja.  

Dalam pembuatan produk halal termasuk kosmetik, ada penekanan pada tidak adanya kotoran atau hal-hal yang diharamkan. Hal tersebut sebenarnya paralel dengan tujuan prosedur penjaminan mutu produk yang disepakati dunia seperti Good Manufacturing Practices (cGMP) atau Hazard Analysis and Critical Control Points (HACCP). Sehingga, produk kosmetik yang tersertifikasi halal sebenarnya dapat menjadi indikator akan kebersihan, keamanan, kemurnian dan kualitas. 

Tapi aku pengen banget ngikutin 10 step by step Korean Skin Care gimana dong? apa saja yang harus diperhatikan ? InsyaAllah ada lanjutannya ya… MakNgoy nulis blog kalau lagi suntuk, butuh hiburan, melipir sejenak dari keriweuhan TM4SF5 atau jikalau nemu inspirasi. semoga… semoga waktu kita hanya untuk hal-hal yang bermanfaat dan diridhoi Allah yah..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s