Master Piece Bernama Manusia

Bismillah…

Assalamualaykum!

Gimana gimana nih kehidupan? alhamdulillah so far masih hidup ya.. masih punya kesempatan untuk menjadi lebih baik dari hari kemarin. Setahun menjadi mahasiswa lagi membuat saya makin sadar (apalagi sudah menjadi ibu dua anak) bahwa… ternyata PhD itu BERAT dan ga maen-maen amanahnya. HAHAHA. Alhamdulillah ya Buuu begimana sih baru sadar.. makanya kalau buat keputusan lebih matang dan lebih bijak dong (menertawakan diri sendiri). But anyway… saya telah memilih, Allah telah mengizinkan dan sudah menempatkan saya disini, jadi saya pun ingin bertanggung jawab terhadap pilihan tersebut dan harus selalu berbaik sangka bahwa Allah telah menakar sesuai kemampuan hamba. Suatu hari, selepas diskusi dengan professor seperti biasa saya curhat lah ke suami. Lalu saya bertanya “Gimana? aku lanjut ga nih?”. “Loh kok nanya aku? Ya pertanyaan tersebut ku kembalikan lagi ke kamu yang menjalani. Apakah kamu mau lanjut? Kamu harus punya STRONG WHY mengapa memilih mengambil jalur PhD ini. Kan sudah tau berat. Misal aku mengambil jalur bisnis nih ya karena aku menemukan misi hidupku di jalur tersebut. Mau pernah bangkrut, mau pernah sukses aku tetap enjoy bahkan bagi orang yang telah menyenangi suatu bidang, tidur pun itu sebagai distraksi. Fondasi alasan ini harus benar-benar kuat karena ketika menemui apapun tantangannya, kamu akan kembali pada fondasi ini.”

Sebenarnya dalam hati terdalamku aku masih tetap ingin lanjut, namun melontarkan pertanyaan ke pasangan kan sebenarnya berharap dikuatkan kembali. Hah namanya cowok ya..ga bisa pakai kode-kode. Langsung saja katakan I need you to re-ensure me that I can pass this! hehehe.

Salah satu alasan mengapa tetap ingin belajar ke jenjang ini mungkin berkaitan pula dengan kekagumanku akan kompleksitas penciptaan seorang manusia. Pernah ga sih merenung dan berpikir kok bisa ya? dari satu sel berkembang menjadi dua, dan kemudian jadilah satu bentuk makhluk paling sempurna. Misal siklus sel hingga membelah menjadi dua sel dengan masing-masing memiliki sepasang kromosom dari ayah dan ibu. Untuk mencapai itu, buanyak sekali lho yang harus diatur, seperti cyclin dependent kinase yang harus berikatan dengan peptida cyclin. Cdk dan cyclin tersebut berbeda-beda bergantung pada pada fase apa sel tersebut. Pada fase DNA masih bereplikasi, cdk dan cyclin yang diperlukan berbeda dengan ketika masuk pembelahan sel. Sebegitu kompleksnya…

Atau pernah saya merenung ya ampun ini tubuh kok bisa ya tanpa saya sadar mengaturnya kalau misal saya puasa, jalur sinyal A yang akan aktif. Sedangkan ketika saya makan, maka jalur sinyal B yang akan aktif. Saya ga perlu secara sadar memerintahkan otak saya dan tubuh saya untuk mengaktifkan jalur-jalur sinyal tersebut. Jangankan signaling pathway tersebut, mata untuk tidak berkedip saja beberapa menit saya ga bisa ngatur. masyaAllah…

Dengan paham betapa kompleks dan betapa sempurnanya master piece bernama manusia ini, seharusnya kita ga sepatutnya berkata da aku mah apa, aku useless, ga berharga, atau ga jadi apa-apa. Ternyata setiap detail penciptaan kita, membuat kita sadar betapa berharga tiap-tiap jiwa ini. Tugas kitalah saat ini mencari apa misi Allah menciptakan kita.

Mengingat kembali betapa detailnya penciptaan seorang manusia juga sepatutnya membuat kita merasa we are really nothing without Allah. Betapa MAHA Sempurna dan MAHA Besar Allah. Sungguh, mudah bagi Allah memberhentikan siklus sel ini tiba-tiba atau mencabut satu protein saja dan akan merusak jalur sinyal dalam tubuh. Ah mudah sekali.. sehingga mengingat ini menjadikan kita harusnya makin berharap hanya pada Allah dan selalu menemukan alasan untuk selalu bangkit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s